Minggu, 27 Januari 2013

burung predator yang ramah untuk di pelihara

Cara merawat Burung Hantu
 Burung hantu dikenal karena matanya yang besar dan menghadap ke depan. Berbeda dari burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok-tajam seperti paruh elang, dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, rupa burung hantu sangat ’’mengesankan’’ sekaligus menyeramkan.

Lehernya sangat lentur, sehingga wajah dapat berputar 180 derajat ke belakang. Sejauh ini, citra burung hantu bagi sebagian masyarakat cenderung negatif. Kalau terdengar suaranya di pekarangan rumah di senja hari, pemilik rumah lekas-lekas mengusirnya dengan cara membakar tikar usang di bawah pohon tempatnya bertengger. Namun sudah saatnya citra itu dibuang jauh-jauh. Karena, ternyata burung hantu itu bisa dijinakkan.

Daya tarik burung hantu sebagai satwa hias justru pada fisiknya yang lain dari burung hias pada umumnya. Selain fisiknya, dia juga memiliki kesan antik. Kesan itu muncul karena bulu-bulunya berwarna cokelat kusam, seperti perabot antik dari kayu jati yang sudah berumur ratusan tahun. Keunikannya ditunjang bentuk muka yang aneh seperti kucing, dan kedua matanya yang bulat.

Prinsip utama menjinakkan satwa ini adalah menciptakan ketergantungan kepada pemiliknya, terutama dalam hal pakan. Karena itu, bila sejak kecil diberi pakan sehingga, maka burung hantu merasa tergantung kepada pemilik dan akan menjadi satwa yang jinak. Memelihara burung hantu juga tidak serepot yang dibayangkan, meski ia termasuk burung malam pemakan daging yang cara hidupnya belum banyak diketahui. Makanan kegemarannya sudah pasti tikus. Mencari tikus rumah untuk umpan burung ini tentu repot sehingga bisa diganti tikus putih yang banyak dijual di pasar-pasar burung.

Kalau tikus putih sebagai pakan burung hantu pun sulit diperoleh, Anda bisa menggantinya dengan lele dumbo yang harganya murah dan mudah diperoleh di pasaran. Seekor burung hantu dewasa bisa diberi 1-2 ekor lele dumbo setiap malam atau bisa juga diganti dengan burung mprit yang masih hidup 2-3 ekor (tergantung jenis burung hantu tersebut).

Bagi kalian yang masih keberatan dengan makanan burung hantu yang memang bisa dibilang mahal, maka kalian bisa saja memelihara burung hantu jenis celepuk. Khusus burung hantu jenis ini, makannya adalah jangkrik. Jadi, kalian ga perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup Rp 2.000,- bisa buat makan 1 minggu. (Kalo masih kemahalan cari aja sendiri).

Burung hantu cukup diberi makan 1 hari 1 - 2 kali saja pada waktu senja (16.00) dan pagi (06.45). Pada malam hari cukup diberi jangkrik 7-8 ekor. Tidak perlu memberi makan pada siang hari. Biarkan dia beristirahat di siang hari.

Untuk perawatan kandang burung hantu sangatlah mudah. Hanya perlu dibersihkan 1 minggu sekali. Dan jangan lupa si burung hantu juga dimandikan setiap kali kalian mencuci kandangnya (biar ga bau hehe..) Buat yang memelihara burhan yang jenisnya besar alias yang bukan celepuk ada baiknya jika menggunakan kandang anjing atau kucing. Jadi si burhan bisa gerak-gerak buat pelemasan otot biar ga capek. 
Jangan lupa:
1, Buat yang piara anakan kalo malam jangan lupa taruh di tempat yang hangat.
2. Ada baiknya juga kalo tiap malam si burung hantu dibiarkan terbang berkeliaran dalam rumah. Biar ga stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar